PENGARUH JARAK TANAM BERBEDA TERHADAP PENYERAPAN NITROGEN RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii PADA SISTEM BUDIDAYA TERINTEGRASI

DIMAS, PUTRA PERDANA (2022) PENGARUH JARAK TANAM BERBEDA TERHADAP PENYERAPAN NITROGEN RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii PADA SISTEM BUDIDAYA TERINTEGRASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Dimas Putra Perdana_C1K018017_SKRIPSI. Pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Budidaya laut yang semakin pesat menyebabkan permasalahan limbah budidaya yang sulit dihadapi. Budidaya rumput laut dengan sistem IMTA yang memanfaatkan limbah budidaya ikan dapat mempengaruhi pertumbuhan rumput laut menjadi lebih baik. Rumput laut merupakan salah satu komoditas unggulan perikanan Indonesia. Salah satu jenis rumput laut yang banyak dibudidayakan adalah jenis Kappaphycus alvarezii. Penyerapan unsur hara oleh rumput laut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu jarak tanam penanaman. Jarak tanam rumput laut berfungsi untuk peningkatan produksi rumput laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisa jarak tanam dan posisi yang optimal untuk mengetahui penyerapan nitrogen pada rumput laut Kappaphycus alvarezii. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 Perlakuan dan masing – masing perlakuan dilakukan 4 kali ulangan sehingga diperoleh 16 unit percobaan. Perlakuan yang diberikan yaitu jarak tanam 20 cm (P1), jarak tanam 30 cm (P2), jarak tanam 40 cm (P3), dan jarak tanam 50 cm (P4). Penelitian ini dilaksanakan selama 45 hari Hasil dari penelitian ini yaitu Nilai penyerapan nitrogen paling tinggi terdapat pada jarak tanam 30 cm, dengan nilai rata – rata 7,57 gN m-2 . Nilai pertumbuhan bobot mutlak tertinggi terdapat pada perlakuan jarak tanam 30 cm, dengan nilai rata – rata 135,1925 g. Nilai laju pertumbuhan spesifik tertinggi terdapat pada perlakuan jarak tanam 30 cm, dengan nilai rata – rata 3,005 %. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu jarak tanam yang berbeda memberikan pengaruh nyata terhadap penyerapan nitrogen, pertumbuhan bobot mutlak dan laju pertumbuhan spesifik rumput laut Kappaphycus alvarezii.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Rumput laut, Jarak tanam, Nitrogen
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:50
Last Modified: 21 Jul 2022 07:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29976

Actions (login required)

View Item View Item