PERAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) DENGAN ASEAN SENIOR OFFICIALS ON DRUGS MATTERS (ASOD) DALAM MENANGANI KEJAHATAN NARKOBA DI INDONESIA TAHUN 2018-2021

SAOFI, HAZZIZAH (2022) PERAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) DENGAN ASEAN SENIOR OFFICIALS ON DRUGS MATTERS (ASOD) DALAM MENANGANI KEJAHATAN NARKOBA DI INDONESIA TAHUN 2018-2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUDISIUM SAOFI HAZZIZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran Badan Narkotika Nasional (BNN) dan ASEAN Senior Of icials on Drugs Matters (ASOD) dalam menangani kejahatan narkoba di Indonesia Tahun 2018-2021 dan bagaimana implementasi dari kerjasama BNN dengan ASOD tersebut diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan narkoba di Indonesia terlebih saat ini Indonesia sebagai negara produsen dan importir narkoba jenis ganja. UNODC telah mencatat bahwa Indonesia telah masuk dalam jajaran segitiga emas yang mana perdagangan narkoba bersama dengan Jepang, Australia, Selandia Baru dan Malaysia. Fakta lain yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa Indonesia menempati posisi ketiga di dunia dalam hal penyalahgunaan narkoba, di bawah Meksiko dan Columbia. Sedangkan di tingkat ASEAN, Indonesia menjadi negara dengan tingkat transaksi narkoba tertinggi. Ini menunjukkan bahwa Indonesia berada dalam kondisi darurat narkoba. Digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, penulis mencoba menjelaskan peran BNN dan ASOD dalam menangani kejahatan narkoba di Indonesia Tahun 2018-2021 dengan konsep Transnational Organized Crime (TOC) untuk menganalisis permasalahan narkoba di Indonesia dan konsep kerjasama regional untuk menganalisis upaya BNN dan ASOD dalam memberantas narkoba di Indonesia. BNN dan ASOD bekerjasama dalam memberantas narkoba sama halnya dengan negara-negara ASEAN lainnya yakni dengan membangun kerjasama eksternal, memfasilitasi, mewadahi, memberikan rekomendasi terkait penanggulangan industri narkoba serta memberikan kontribusi dalam hal pendidikan larangan narkoba. Dimana hal ini sejalan dengan visi ASEAN 2020 yakni untuk meningkatkan kerjasama semua negara anggota ASEAN dalam menciptakan kawasan yang bebas dari kejahatan narkoba (ASEAN Drug Free).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kejahatan narkoba di Indonesia, Upaya dan efektivitas kerjasama BNN dengan ASOD
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:12
Last Modified: 26 Jul 2022 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30051

Actions (login required)

View Item View Item