PENGENDALIAN BAHAYA HEWAN LIAR (WILDLIFE HAZARD) TERHADAP PERGERAKAN PESAWAT UDARA DI AREA PERGERAKAN (MANEUVERING AREA) BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID LOMBOK (STUDI KASUS ANJING LIAR)

RAISYA, ALMIRA NAHDA (2022) PENGENDALIAN BAHAYA HEWAN LIAR (WILDLIFE HAZARD) TERHADAP PERGERAKAN PESAWAT UDARA DI AREA PERGERAKAN (MANEUVERING AREA) BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID LOMBOK (STUDI KASUS ANJING LIAR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Raisya Almira Nahda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok memiliki lebih dari 300 laporan bahaya keselamatan penerbangan yang diakibatkan oleh hewan liar khususnya anjing liar pada rentang tahun 2017 hingga 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahaya yang ditimbulkan oleh anjing liar di maneuvering area serta cara pengendalian gangguan anjing liar di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahaya anjing liar dapat mengakibatkan kejadian seperti Runway Incursion, Runway Excursion, Go-around dan Flight Delay. Dalam mengendalikan bahaya anjing liar di maneuvering area, Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok memiliki dua metode yaitu kegiatan re-active dan pro-active. Adapun cara yang dilakukan dalam mengendalikan anjing liar di maneuvering area yakni dengan melakukan pengusiran, monitoring pergerakan, manajemen infrastruktur dan lingkungan, manajemen sampah, inspeksi movement area, melaksanakan program pelatihan, pemantauan, pencatatan serta pelaporan bahaya anjing liar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Anjing liar, bahaya, pengendalian, bandar udara
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:53
Last Modified: 29 Jul 2022 01:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30130

Actions (login required)

View Item View Item