PERAN CUSTOMER SERVICE OFFICER (CSO) DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PENUMPANG

ISMUNANDAR, ISMUNANDAR (2022) PERAN CUSTOMER SERVICE OFFICER (CSO) DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PENUMPANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Ismunandar - A0E019154 - DIII Kebandarudraan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berlangsungnya kelancaran kegiatan operasional suatu bandar udara tidak lepas dari peran bagian-bagian yang ada di bandar udara. Customer Service Officer sebagai bagian dari Airport Operation Land Side, Terminal and Service Improvement memiliki peran yang sangat penting dalam kelancaran kegiatan operasional bandar udara. Terkait dengan hal tersebut penulis mengkaji peran Customer Service Officer di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid dalam memberikan pelayanan kepada penumpang. Dari kajian yang dilakukan di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid diketahui bahwa Customer Service Officer memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kelancaran kegiatan operasional Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Peran tersebut dapat dilihat dari bagaimana Customer Service Officer melayani penumpang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang berlaku baik pelayanan kepada penumpang secara langsung (Face to Face dan via telepon) di konter customer service maupun pelayanan secara tidak langsung seperti Protokol Covid 19, mobile kebersihan terminal penumpang, mobile kesiapan peralatan kebersihan dan toilet hygiene system serta mobile kebersihan saluran dan pengangkutan sampah area land side.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bandar udara, operasional, kelancaran kegiatan, terminal.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jul 2022 01:53
Last Modified: 29 Jul 2022 01:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30131

Actions (login required)

View Item View Item