ANALISIS MAKNA SLOGAN IKLAN ROKOK DI KOTA MATARAM

FAJRIANI, NULLA (2017) ANALISIS MAKNA SLOGAN IKLAN ROKOK DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
NULLA FAJRIANI .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis makna slogan iklan Rokok Di Kota Mataram”. Penelitian ini didasari oleh keunikan bahasa pada iklan rokok yang tidak biasa digunakan pada iklan lain. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah yang menjandi slogan iklan rokok di Kota Mataram serta bagaiman makna secara leksikal, gramatikal, dan kontekstual pada slogan iklan rokok tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menemukan slogan-slogan iklan rokok yang terdapat di kota Mataram dan mendeskripsikan makna leksikal, gramatikal, dan makna kontekstual yang terdapat pada slogan iklan iklan rokok di kota Mataram. Metode yang digunakan adalah metode padan intralingul dan padan ekstralingual serta metode triangulasi untuk menguji keabsahan data. Objek penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, maupun kalimat slogan pda iklan rokok di kota Mataram. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjawab semua permasalan yang ada yaitu metode dokumentasi dan metode simak dengan teknik catat. Proses analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam suatu proses yaitu penganalisisan data telah mulai dilakukan sejak pengumpulan data dan dikerjakan secara intensif sampai berakhirnya penelitian. Dari data yang dikumpulkan terpilih 15 slogan dari 8 produk iklan rokok yaitu A Mild, Class Mild, Surya Exclusive, L.A Bold, Gudang Garam, Djarum Coklat, Surya Pro Mild, dan U Mild. Hasil analisis data dapat disimpulkan dari 15 slogan iklan rokok di kota Mataram memiliki makna leksikal, gramatikal dan makna kontekstual. Slogan yang mengandung makna leksikal berbentuk kata dasar. Slogan yang mengandung makna gramatikla berbentuk struktur gramatikal yakni frasa, klausa, maupun kalimat. Slogan yang mengandung makna kontekstual berbentuk konteks situasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): semantik, leksikal, gramatikal, kontekstual, slogan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:42
Last Modified: 24 Apr 2018 01:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3019

Actions (login required)

View Item View Item