PERANAN IBU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN SEKS PADA REMAJA (Studi Kasus Remaja Pada SMAN 1 Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat)

Mega, Kartika (2022) PERANAN IBU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN SEKS PADA REMAJA (Studi Kasus Remaja Pada SMAN 1 Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MEGA KARTIKA (Peranan Ibu Dalam Menanamkan Pendidikan Seks Pada Remaja (Studi Kasus Remaj.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman ibu rumah tangga tentang pendidikan seks bagi remaja dan mendeskripsikan peranan ibu rumah tangga dalam menanamkan nilai-nilai moral bagi remaja untuk mencegah terjadinya tindakan seks bebas. Seorang ibu berperan mengemban tugas penting membimbing anak-anak agar terhindar dari tindakan seks bebas. Di zaman yang semakin berkembang semakin beragam pula tingkah laku serta masalah sosial yang terjadi di masyarakat terutama masalah remaja. Remaja adalah seseorang yang berada pada usia 10-20 tahun. Seorang remaja rentan dengan berbagai masalah yang cukup kompleks dan pelik karena masa remaja seseorang tumbuh dan berproses mencari jati diri. Pendidikan seks merupakan salah satu upaya memberi pengetahuan yang benar terhadap remaja guna mencegah terjadinya tindakan seks bebas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Informan penelitian yaitu ibu rumah tangga yang ada di Desa Belo Kecamatan Jereweh yang mempunyai anak yang sedang menempuh pendidikan di SMAN 1 Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kemudian melakukan wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik yang digunakan untuk uji keabsahaan data dalam penelitian yakni kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Teknik pemeriksaan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman dan peranan ibu dalam menanamkan pendidikan seks pada remaja masih kurang disebabkan karena kurang nya informasi yang di dapatkan tentang pendidikan seks serta para ibu masih menganggap bahwa membicarakan tentang seks di pandang sebagai suatu hal yang masih tabu atau tidak pantas untuk dibicarakan. Sedangkan peranan ibu dalam mencegah terjadinya tindakan seks bebas adalah ibu berperan sebagai seorang penasihat, sebagai seorang teman atau sahabat dan menjadi teladan yang baik untuk anak-anaknya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Peranan Ibu, Remaja, Pendidikan Seks
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:39
Last Modified: 03 Aug 2022 05:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30214

Actions (login required)

View Item View Item