PENERAPAN MODEL TASIJI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 36 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2016/2017

AYU LESTARI, NI PUTU DHEA (2017) PENERAPAN MODEL TASIJI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 36 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Dhea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran IPS. Guru dominan menggunakan metode ceramah. Akibatnya siswa lebih banyak bersifat pasif. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model TASIJI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 36 Cakranegara Tahun Ajaran 2016/2017”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model TASIJI pada Siswa Kelas V SDN 36 Cakranegara Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus masing-masing siklus dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi-evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian siklus I menunjukan presentasi aktivitas guru dan siswa 69 dengan rata-rata hasil belajar siswa 59,21, dan presentase ketuntasan 43%. Siklus II menunjukan aktivitas guru dan siswa presentasi skor 86 ,dengan rata-rata hasil belajar siswa 83,78, dan presentase ketuntasan mencapai 85%. Berdasarkan data tersebut di simpulkan bahwa melalui penerapan model TASIJI dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 36 Cakranegara Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model TASIJI, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:41
Last Modified: 24 Apr 2018 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3028

Actions (login required)

View Item View Item