POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELOMPOK WANITA TANI DALAM BUDIDAYA LEBAH MADU TRIGONA (Studi Kualitatif Pola Komunikasi Interpersonal Kelompok Wanita Tani Mekar Di Desa Salut, Kayangan, Lombok Utara)

Anggy, Hulfa Riany (2022) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL KELOMPOK WANITA TANI DALAM BUDIDAYA LEBAH MADU TRIGONA (Studi Kualitatif Pola Komunikasi Interpersonal Kelompok Wanita Tani Mekar Di Desa Salut, Kayangan, Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Anggy Hulfa Riany (L1B018013).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pola Komunikasi Interpersonal Kelompok Wanita Tani Mekar Dalam Budidaya Lebah Madu Trigona (Studi Kualitatif Pola Komunikasi Interpersonal Kelompok Wanita Tani Mekar Di Desa Salut, Kayangan, Lombok Utara)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi interpersonal kelompok Wanita Tani Mekar dalam budidaya lebah madu Trigona. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah kelompok Wanita Tani Mekar dan objek dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal kelompok. Penentuan informan dilakukan dengan tekhnik purposive sampling hingga akhirnya diperoleh 6 informan dengan rincian 4 informan utama dan 2 informan pendukung untuk memberikan data kualitatif. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Melalui penelitian ini didapatkan bahwa kelompok Wanita Tani Mekar melakukan komunikasi kelompok dalam pelaksanaan kegiatan budidaya lebah madu Trigona secara formal dan informal. Dalam melaksanakan komunikasi kelompok di temukan pola yang membentuk kedekatan antar anggota kelompok. Dari pola komunikasi yang di terapkan oleh kelompok terbentuk kedekatan interpersonal terlihat dari interaksi yang dilakukan oleh anggota kelompok terdapat adanya keterbukaan, sikap empati, saling mendukung, dan sikap positif baik dalam kegiatan budidaya ataupun di luar kegiatan budidaya lebah madu Trigona.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Komunikasi, Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Aug 2022 23:56
Last Modified: 07 Aug 2022 23:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30320

Actions (login required)

View Item View Item