PERENCANAAN KONSTRUKSI TURAP CORRUGATED CONCRETE SHEET PILE (CCSP) PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN BYPASS BIL – MANDALIKA STA. 2+000

CALVIN, ADITYA NUGROHO (2022) PERENCANAAN KONSTRUKSI TURAP CORRUGATED CONCRETE SHEET PILE (CCSP) PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN BYPASS BIL – MANDALIKA STA. 2+000. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH TUGAS AKHIR CALVIN ADITYA N. (F1A 115 013 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ruas jalan ByPass BIL – Mandalika merupakan akses yang menghubungkan Bandara International Lombok (BIL) menuju Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Pada beberapa titik perencanaan ruas jalan dibangun di atas timbunan yang tinggi sehingga dibutuhkan suatu perkuatan penahan untuk mencegah terjadinya longsor pada timbunan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan suatu perkuatan penahan timbunan pada ruas jalan By Pass BIL – Mandalika. Perencanaan yang diamati adalah pada STA 2+000 dengan timbunan setinggi 7 m. Perkuatan yang digunakan berupa turap Corrugated Concrete Sheet Pile (CCSP) . Data yang digunakan dalam analisis merupakan data sekunder proyek perencanaan jalan BIL – Mandalika. Analisis dilakukan secara manual menggunakan metode yaitu metode ujung bebas tanpa beban gempa dan metode ujung bebas dengan beban gempa. Analisis dilakukan untuk mengetahui kedalaman penetrasi turap, profil penampang turap. Berdasarkan hasil analisis secara manual, Kedalaman penetrasi turap dengan metode ujung bebas pada kondisi tanpa beban gempa dan beban gempa berturut-turut sebesar 6 m dan 6.13 m. Sedangkan untuk panjang turap yang digunakan sesuai dengan syarat angka keamanan adalah kondisi tanpa beban gempa didapatkan panjang total turap 12.2 m dan untuk kondisi dengan beban gempa didapatkan panjang total turap 12.36 m. Dimensi turap yang digunakan pada pembangunan jalan Bypass STA. 2+000 adalah menggunakan profil turap CCSP W 350 B dengan spesifikasi lebar sebesar 996 mm, tebal sebesar 350 mm dan profil turap CCSP W 450 A dengan spesifikasi lebar sebesar 996 mm dan tebal sebesar 450 mm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Timbunan, Turap, CCSP, Ujung Bebas, Dimensi Turap
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2022 23:34
Last Modified: 09 Aug 2022 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30378

Actions (login required)

View Item View Item