STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH LENIN ENDROU DALAM KUMPULAN CERPEN SURAT-SURAT LENIN ENDROU (BAGIAN I) KARYA MAYWIN DWI-ASMARA: PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD

Bagus, Prasetyo Suryanto (2022) STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH LENIN ENDROU DALAM KUMPULAN CERPEN SURAT-SURAT LENIN ENDROU (BAGIAN I) KARYA MAYWIN DWI-ASMARA: PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAGUS PRASETYO SURYANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang struktur kepribadian tokoh Lenin Endrou dalam kumpulan cerpen Surat-surat Lenin Endrou (bagian 1) karya Maywin DwiAsmara, menggunakan teori struktur kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana struktur kepribadian tokoh Lenin Endrou pada kumpulan cerpen Surat-surat Lenin Endrou (bagian 1) karya Maywin Dwi-Asmara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh Lenin Endrou dalam kumpulan cerpen Surat-surat Lenin Endrou (bagian 1) karya Maywin Dwi-Asmara: Psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah cerpen-cerpen yang ada di bagian satu kumpulan cerpen Surat-surat Lenin Endrou karya Maywin Dwi-Asmara yang memuat informasi tentang struktur kepribadian tokoh Lenin Endrou. Pengumpulan data diperoleh dengan metode studi pustaka, studi dokumenter, dan studi baca dan catat. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan data-data yang diperoleh kemudian dilanjutkan dengan menganalisis data. Berdasarkan analisis data tersebut, ditemukan beberapa struktur kepribadian tokoh Lenin Endrou yang dibagi menjadi id, ego dan superego. Dalam struktur id terdapat tiga bagian yaitu naluri bawaan, ketegangan dan rangsangan. Struktur ego terdapat dua bagian yaitu tindakan, momentum dan pelaksanaan kepuasan. Struktur superego terbagi menjadi lima bagian yaitu moral baik, moral buruk, upaya merintangi impuls id, upaya moralistis, dan upaya kesempurnaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Psikoanalisis, sturktur kepribadian, cerpen, tokoh, Lenin Endrou.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:01
Last Modified: 10 Aug 2022 03:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30438

Actions (login required)

View Item View Item