PENGARUH EKSTRAK DAUN SIRIH (Piper betle Linn) TERHADAP PENYAKIT Aeromonas hydrophila PADA BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

AHMAD, ZAERONI (2022) PENGARUH EKSTRAK DAUN SIRIH (Piper betle Linn) TERHADAP PENYAKIT Aeromonas hydrophila PADA BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD ZAERONI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

enih merupakan komponen yang sangat penting guna menunjang kegiatan budidaya perikanan terutama pada kegiatan pembesaran sehingga ketersediaan benih harus memenuhi kebutuhan pasar. Akan tetapi sering terjadi masalah pada saat pembenihan ikannnila yaitu infeksi penyakit diakibatkan bakteri Aeromonashhydrophila sehingga dapat mangakibatkan kerugian bagi pelaku usaha pembenihan. Salah satu alternatif obat untuk menanggulangi infeksi dari bakteri Aeromonas hydrophila adalah ekstrak daun sirih yang dimana keberadaannya tidak terlalu sulit didapatkan dan aman digunakan. Rahim et al. (2016) mengatakan penggunaan ekstrak daun sirih mampu menjaga kelulus hidupan benih ikan yang disebabkan kandungan kavicol yang berfungsi mencegah infeksi penyakit pada benih ikan. Kemudian Rahim et al. (2016) menyatakan satu diantara bahan alami yang memiliki kemampuan untuk melawan serangan patogen ikan adalah tanaman sirih karena berkemampuan antioksidasi, antiseptik, bakterisida dan fungisida. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh ekstrak daun sirih (Piper betle Linn) terhadap penyakit AeromonasMhydrophila pada benih ikanKnila (Oreochromis niloticus) sehingga dapat memberikan solusi bagi usaha pembenihan dalam pengobatan ikan nila. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah (P1) dosis ekstrak daun sirih 0,4 ml, (P2) dosis ekstrak daun sirih 0,6 ml, (P3) dosis ekstrak daun sirih 0,8 ml, (P4) kontrol positif, (P5) kontrol negatife. Adapun parameter yang diamati yaitu tingkat kelangsungan hidup, laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan, pertumbuhan panjang mutlak, eritrosit, hemoglobin, hematokrit, leukosit, diferensial leukosit, total bakteri count, dan kualitas air. Data pengaruh ekstrak daun sirih terhadap penyakitxi Aeromonas hydrophila diuji menggunakan analysis of variance untuk mengetahui pengaruh disetiap perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis pemberian ekstrak daun sirih 0,8 ml merupakan perlakuan terbaik untuk melawan infeksi bakteri AeromonasOhydrophila. Ini disebabkan semakin banyak kandungan ekstrak maka semakin banyak bahan aktif untuk antibakteri dan perlawanan terhadap patogen menjadi lebih baik. Diperlukan penelitian selanjutnya untuk mengetahui efektifitas ekstrak daun sirih yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ekstrak Daun Sirih, Aeromonas hydrophila, Benih Ikan Nila
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:02
Last Modified: 10 Aug 2022 03:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30439

Actions (login required)

View Item View Item