HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERTANYA DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI POKOK ASAMBASA PADA SISWA KELAS XII MIPASMAN 1 SAKRA TAHUN AJARAN 2021/2022

BAIQ, MULIATI (2022) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERTANYA DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATERI POKOK ASAMBASA PADA SISWA KELAS XII MIPASMAN 1 SAKRA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ MULIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan bertanya dengan keterampilan berpikir kritis materi pokok asam basa pada siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Sakra. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi penelitian sebanyak 90 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket kemampuan bertanya dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik infrensial dan analisis statistik deskrif. Hasil analisis statistik infrensial menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Uji asumsi digunakan uji normalitas data dan uji linieritas data. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment menunjukan nilai rxy yaitu 0,271, koefisien determinasi sebesar 7,33%, dan thitung = 2,142 > ttabel 2,001. Hal tersebut menunjukan Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan bertanya dengan keterampilan berpikir kritis pada kelas XII MIPA SMAN 1 Sakra dengan kategori rendah. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa ketercapaian hasil belajar untuk kemampuan bertanya dengan nilai rata-rata 67,3 termasuk kategori cukup dan keterampilan berpikir kritis dengan nilai rata-rata 66,1 termasuk ke dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kemampuan bertanya, dan keterampilan berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:25
Last Modified: 10 Aug 2022 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30486

Actions (login required)

View Item View Item