Prosiding PEPADU 2020 PENYULUHAN MODERASI BERAGAMA PADA KALANGAN PEMUDA NAHDLATUL WATHAN DI DESA DARUL HIJRAH ANJANI LOMBOK TIMUR

Dr. Saipul Hamdi, S.Pd.I., MA, Dr. Saipul Hamdi, S.Pd.I., MA and Arif Nasrullah, Arif Nasrullah and Hafizah Awalia, Hafizah Awalia Prosiding PEPADU 2020 PENYULUHAN MODERASI BERAGAMA PADA KALANGAN PEMUDA NAHDLATUL WATHAN DI DESA DARUL HIJRAH ANJANI LOMBOK TIMUR. Prosiding PEPADU 2020, 2. ISSN 2715-5811

[img]
Preview
Text (Prosiding PEPADU 2020)
artikel pepadu.pdf

Download (907kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidin...

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Anjani-Lombok Timur, bertemakan Penyuluhan Moderasi Beragama pada Kalangan Pemuda. Marakanya konflik yang terjadi atas nama agama belakangan ini menjadikan agama tidak sesuai fungsinya lagi. Agamayang berasal dari bahasa Sanksekerta yang artinya tidak kacau, malah menjadi sumber kekacauan. Adapun hal ini disebabkan karena beberapa hal, antara lain politisasi agama, penafsiran yang salah tentang nilai agama, dan pemahaman yang tidak menyeluruh atas agamayang dianut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarkat terutama pemuda tentang pentingnya moderasi beragama. Metode pelaksanaan dengan memberikan sosialiasi kepada masyarakat berupa materi peran agama dalam pengembangannilai-nilai toleransi, emansipasi wanita dalam Islam, serta pemuda dan konflik. Hasil dari kegiatan ini meningkatkan pemahaman kepada masyrakat tentang nilai-nilai toleransi yang ada di dalam agama serta memiliki pemahaman agama secara moderat. Respon masyarakat Anjanisangat positif dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sehingga diharapkan mampu menjadi agen-agen perdamaian di daerahnya.Kata Kunci: Penyuluhan, Moderasi Beragama

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Agus Maulan hukum
Date Deposited: 10 Aug 2022 23:26
Last Modified: 10 Aug 2022 23:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30496

Actions (login required)

View Item View Item