PENGARUH JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT LAUT Sargassum sp. MENGGUNAKAN METODE PATOK DASAR DI TELUK EKAS KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

BAIQ, REGIA GEMARA KURNIA PUTRI (2022) PENGARUH JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT LAUT Sargassum sp. MENGGUNAKAN METODE PATOK DASAR DI TELUK EKAS KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Baiqregia-C1K017016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh jarak tanam terhadap pertumbuhan rumput laut Sargassum sp. berfungsi untuk peningkatan produksi rumput laut Sargassum sp. Hal ini sangat berkaitan dengan persaingan setiap individu Sargassum sp. dalam mendapatkan unsur hara sebagai makanannya. Jarak tanam merupakan salah satu faktor teknis yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan jumlah produksi rumput laut karena berkaitan erat dengan penyerapan unsur hara. Perbedaan jarak tanam ini sangat berpengaruh karena berkaitan dengan kompetisi individu alga untuk mendapatkan makanannya. Jarak tanam yang lebih luas akan memberikan keleluasan lebih besar dalam pergerakan air dalam distribusikan unsur hara, sehingga berpotensi meningkatkan laju pertumbuhan dan mempercepat proses difusi dan berpotensi meningkatkan pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jarak tanam terhadap pertumbuhan rumput laut Sargassum sp. menggunakan metode patok dasar di Teluk Ekas, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur serta maanfaat dari penelitian ini adalah sebagai sumber informasi mengenai jarak tanam terbaik terhadap pertumbuhan rumput laut Sargassum sp. di Teluk Ekas, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini dilakukan dengan perlakuan jarak tanam dengan metode patok dasar. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Terhadap 5 perlakuan yaitu A jarak 20 cm, B dengan jarak 25 cm, C dengan jarak 30 cm, D dengan jarak 35 cm, dan E dengan jaarak 40 cm dengan masing-masing 3 kali ulangan dengan berat bibit awal 100 g dengan waktu 30 hari pemeliharaan yang dilanjutkan dengan pembuatan ekstrak rendemen alginat. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis sidik ragam atau analysis of variance (ANOVA) pada taraf nyata 5% dengan selang kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Rumput Laut, Budidaya Perairan, Kelautaan, Sargassum sp., alginat.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Aug 2022 23:16
Last Modified: 11 Aug 2022 23:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30559

Actions (login required)

View Item View Item