PENGARUH PERBANDINGAN KOMPOSIT HYBRID SERAT BAMBU-FIBERGLASS/POLYASTER TAK JENUH TERHADAP KEKUATAN BENDING DALAM KONDISI KERING DAN BASAH

SUDIMANTO, SUDIMANTO (2022) PENGARUH PERBANDINGAN KOMPOSIT HYBRID SERAT BAMBU-FIBERGLASS/POLYASTER TAK JENUH TERHADAP KEKUATAN BENDING DALAM KONDISI KERING DAN BASAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN TUGAS AKHIR SUDIMANTO (F1C015081)...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Industri dalam bidang material nonlogam yang saat ini telah banyak dikembangkan dan diteliti, demi mendapatkan material bahan baru yang tepat guna. Salah satu bahan yang sekarang ini banyak dikembangkan yaitu material bahan komposit berupa serat alam dan serat sintesis, yang memiliki keunggulan bobotnya yang ringan, tahan korosi, ekonomis, dan tidak sensitif terhadap bahan kimia. Potensi serat alam dan serat sintesis sebagai bahan komposit masi terus dikembangkan dan diminati. Untuk itu pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan komposit hybrid serat bambu-fiberglass/polyaster tak jenuh terhadap kekuatan bending dalam kondisi kering dan basah. Metode yang dilakukan menggunakan serat bambu yang berukuran 5 mm, dengan fiberglass acak berukuran 30 cm x 30 cm dengan konfigurasi FBFBFBF, BFBFBFB, 2F3B2F, 6F, 3B (F=Fiberglass, B=Bambu) dalam kondisi kering dan basah, menggunakan resin polyester tak jenuh dan dibuat dengan cetakan vacum infusion. Spesimen dan prosedur pengujian bending mengacu pada standard ASTM D790. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan bending dan modulus elastis komposit hybrid pada kondisi kering lebih tinggi dibandingkan pada kondisi basah. Kekuatan bending dan modulus komposit hybrid dengan fiberglass di lapisan terluar memberikan nilai yang lebih tinggi dibanding komposit hibrid yang lain baik pada kondisi kering dan basah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : komposit hybrid, serat bambu, fiberglass, Penyerapan, kekuatan bending
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:06
Last Modified: 15 Aug 2022 06:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/30654

Actions (login required)

View Item View Item