PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN TEKNIK GUIDED TEACHING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Tuada, Rasydah Nur (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN TEKNIK GUIDED TEACHING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif dengan teknik guided teaching terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 7 Mataram. Jenis penelitan true experimen dengan Posttest- Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Mataram. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling dengan sampel siswa kelas X-E (kelas eksperimen) dan siswa kelas X-C (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah tes penguasaan konsep berbentuk uraian dan tes keterampilan proses sains berbentuk pilihan ganda beralasan yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran soalnya. Pengaruh perlakuan adalah hasil dari tes akhir. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan data tes akhir kelas eksperimen serta kelas kontrol homogen dan terdistribusi normal, sehingga uji statistik yang digunakan adalah Manova. Hasil uji Manova menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran generatif dengan teknik guided teaching terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penguasaan Konsep, suhu dan kalor, Keterampilan proses sains, teknik guided teaching, model pembelajaran generatif
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Apr 2018 05:04
Last Modified: 24 Apr 2018 05:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item View Item