PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID- 19 SISWA KELAS IV SDN 1 TEROS TAHUN AJARAN 2021/2022

RIDA, ISMAWATI (2022) PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID- 19 SISWA KELAS IV SDN 1 TEROS TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIDA ISMAWATI E1E017111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Munculnya wabah atau virus covid 19 di Indonesia menyebabkan semua kegiatan di luar rumah dihentikan sementara, termasuk kegiatan belajar di sekolah. Hal tersebut membuat pemerintah dan lembaga terkait menghadirkan alternatif proses pendidikan bagi peserta didik dengan belajar jarak jauh/daring atau belajar dari rumah dengan pendampingan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi orang tua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 siswa kelas IV SDN 1 Teros. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian guru dan orang tua siswa kelas IV SDN 1 Teros. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan wawancara. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi orang tua dalam pembelajaran daring ialah hasil analisis dari beberapa indikator yaitu orang tua sebagai pendidik memperoleh persentase 41,46%, hal ini menunjukkan bahwa partisipasi orang tua sebagai pendidik kurang baik dalam mengajarkan anak belajar di rumah. Partisipasi orang tua sebagai pembimbing memperoleh persentase 77,44%, hal ini menunjukkan bahawa orang tua memiliki kategori baik dalam membimbing anak belajar di rumah. Partisipasi orang tua sebagai motivator memperoleh persentase 75,20%, hal ini menunjukkan bahwa orang tua sudah cukup mampu menjadi motivator bagi anak di rumah. Partisipasi orang tua sebagai fasilitator memperoleh persentase 54,47%, hal ini menunjukkan bahwa orang tua kurang baik menjalankan perannya sebagai fasilitator dengan menyediakan alat belajar, tempat belajar dan media pembelajaran bagi anak selama pelaksanaan pembelajaran daring. Sehingga, secara umum partisipasi orang tua dalam pembelajaran daring di SDN 1 Teros berada pada kategori cukup dengan persentase keseluruhan 62,14 % dengan kendala yaitu rendahnya latar belakang pendidikan orang tua sehingga kesulitan membimbing anak belajar di rumah, rendahnya tingkat perekonomian atau penghasilan orang tua sehingga kesulitan dalam memenuhi fasilitas belajar anak dan banyaknya jumlah anggota keluarga sehingga kesulitan mengondisikan ketenangan rumah saat anak belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Partisipasi Orang Tua, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:04
Last Modified: 25 Aug 2022 01:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31029

Actions (login required)

View Item View Item