PERBANDINGAN TINGKAT PENGETAHUAN PENGGUNAAN SUPLEMEN MAKANAN ANTARA MAHASISWA KESEHATAN DAN NON-KESEHATAN DI UNIVERSITAS MATARAM

FITRIA, MAESAROH (2022) PERBANDINGAN TINGKAT PENGETAHUAN PENGGUNAAN SUPLEMEN MAKANAN ANTARA MAHASISWA KESEHATAN DAN NON-KESEHATAN DI UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Fitria Maesaroh-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Suplemen makanan adalah produk yang dikonsumsi untuk melengkapi nutrisi makanan, bukan untuk menggantikannya. Konsumsi suplemen terus mengalami peningkatan hingga tahun 2018 penggunaannya mencapai 75%. Peningkatan ini perlu disertai dengan pemahaman yang baik sehingga suplemen dapat digunakan secara tepat dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan suplemen makanan dan perbedaan tingkat pengetahuan penggunanya antara mahasiswa kesehatan dan non-kesehatan di Universitas Mataram. Penggambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan teknik accidental sampling dan diperoleh sebanyak 411 responden selama penelitian. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji chi-square. Lebih dari setengah responden penelitian pernah mengonsumsi suplemen makanan. Suplemen makanan yang paling banyak dikonsumsi adalah Vitamin C. Tujuan utama dari konsumsi suplemen makanan ini adalah untuk mencegah penyakit dan memastikan terpenuhinya nutrisi. Informasi terkait suplemen makanan responden peroleh dari internet. Produk suplemen makanan responden peroleh dari apotek. Mahasiswa kesehatan maupun non�kesehatan Universitas Mataram sudah memiliki tingkat pengetahuan yang baik mengenai suplemen makanan (89,14% dan 78,39%). Hasil uji Chi-Square penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan tingkat pengetahuan penggunaan suplemen makanan antara mahasiswa kesehatan dan non-kesehatan di Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tingkat pengetahuan, suplemen makanan, mahasiswa kesehatan dan mahasiswa non-kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Aug 2022 01:05
Last Modified: 25 Aug 2022 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31038

Actions (login required)

View Item View Item