STRATEGI BERTAHAN HIDUP PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT)

MUHAMMAD AZRIEL, RIFLI (2022) STRATEGI BERTAHAN HIDUP PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CETAK SKRIPSI...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)

Abstract

Munculnya kasus Coronavirus Diseas 2019 (COVID-19) pada bulan Maret di Indonesia memberikan implikasi pada bidang sosial, ekonomi, pendidikan, dan pariwisata. Dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 juga dirasakan para pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Taliwang. Adapun dampak yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 terhadap pelaku UMKM yaitu menurunnya jumlah pengunjung atau pembeli, menurunnya omzet pendapatan dan penjualan secara drastis, serta pengurangan jumlah karyawan atau pekerja, untuk tetap bisa bertahan hidup meski tanpa adanya bantuan apapun. Untuk itu diperlukan strategi bertahan hidup bagi pelaku UMKM untuk dapat terus memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari serta mempertahankan usahanya di masa pandemi Covid-19. Oleh karenanya, diperlukan penelitian guna mengetahui strategi bertahan hidup pelaku UMKM pada masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat beserta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan teori Strategi Bertahan Hidup Edi Suharto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, sedang teknik analisis data yang digunakan analisis Model Interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga strategi bertahan hidup yang digunakan pelaku UMKM di Kecamatan Taliwang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari pada masa pandemi Covid-19 yaitu: 1) Strategi aktif dengan cara memanfaatkan potensi yang ada untuk mendapatkan penghasilan 2) Strategi pasif dengan menerapkan pola hidup hemat; 3) Strategi jaringan dengan memanfaatkan jaringan sosial seperti menjalin relasi dengan lingkungan sosial atau kelembagaan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): UMKM, Strategi bertahan hidup, Pandemi COVID-19
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Aug 2022 05:32
Last Modified: 25 Aug 2022 05:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31054

Actions (login required)

View Item View Item