UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN FRAKSI ETIL ASETAT EKSTRAK ETANOL DAUN MERAH KASTUBA (Euphorbia pulcherrima) DENGAN METODE DPPH

Elma Vanani, Emilga (2022) UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN FRAKSI ETIL ASETAT EKSTRAK ETANOL DAUN MERAH KASTUBA (Euphorbia pulcherrima) DENGAN METODE DPPH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN FRAKSI ETIL ASETAT EKSTRAK ETANOL DAUN MERAH KASTUBA (Euphorbia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Daun merah kastuba (Euphorbia pulcherrima Willd.) baik daun merah maupun daun hijau mengandung senyawa metabolit sekunder yang berperan sebagai antioksidan seperti flavonoid, terpenoid, dan tannin. Penelitian sebelumnya melaporkan bahwa ekstrak etanol daun merah kastuba memiliki aktivitas sebagai antioksidan lebih besar dibandingkan daun hijau kastuba. Namun, penelitian tersebut dilakukan terbatas hanya pada aktivitas antioksidan ekstrak saja, sehingga dibutuhkan penelitian pada tingkat yang lebih spesifik terhadap daun merah kastuba untuk memperoleh komponen bioaktif yang lebih spesifik yakni fraksi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan metabolit sekunder fraksi etil asetat ekstrak etanol daun merah kastuba (Euphorbia pulcherrima) dan untuk mengetahui aktivitas antioksidan fraksi etil asetat ekstrak etanol daun merah kastuba (Euphorbia pulcherrima) dengan metode DPPH. Sampel daun merah kastuba dilakukan ekstraksi secara maserasi dengan pelarut etanol 96% (1:10) kemudian dilakukan fraksinasi dengan pelarut etil asetat dan air dalam corong pisah (1:1), dilakukan skrining fitokimia dan identifikasi dengan KLT. Aktivitas antioksidan diukur berdasarkan penurunan absorbansi DPPH yang diukur pada panjang gelombang maksimum DPPH yang mana dinyatakan sebagai Inhibitory Concentration 50% (IC50) dengan standar pembanding vitamin C. Hasil skrining fitokimia dan identifikasi dengan KLT fraksi etil asetat daun merah kastuba positif mengandung fenolik, flavonoid, tannin dan terpenoid. Fraksi etil asetat daun merah kastuba memiliki aktivitas antioksidan dengan kategori sangat kuat dengan nilai IC50 13,67 ppm dibandingkan dengan vitamin C sebagai standar pembanding yakni dengan IC50 11,78 ppm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fraksi etil asetat daun merah kastuba, Antioksidan, DPPH.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 25 Aug 2022 05:35
Last Modified: 25 Aug 2022 05:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31071

Actions (login required)

View Item View Item