PERANAN DINAS SOSIAL PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DALAM MENCEGAH PERNIKAHAN ANAK DI KABUPATEN LOMBOK UTARA

MUHAMAD APRIZAL, AKBAR (2022) PERANAN DINAS SOSIAL PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DALAM MENCEGAH PERNIKAHAN ANAK DI KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Muhamad Aprizal Akbar (L1C017054).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Keberadaan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Lombok Utara ini diharapkan dapat mengurangi angka perikahan pada usia anak yang dilakukan oleh warga masyarakat khususnya daerah Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam mencegah pernikahan anak di Kabupaten Lombok Utara dan untuk mengetahui kendala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam upaya mencegah pernikahan anak di Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur dan mendalam, observasi, dan hasil dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa peranan dan kendala yang dihadapi. Terdapat peranan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lombok Utara diantaranya (1) peranan sosialisasi (2) peran pembentukan forum/kelompok masyarakat (3) peran merancang peraturan daerah tentang pencegahan pernikahan anak (4) melakukan kerjasama. Sedangkan beberapa kendala yang dihadapi diantaranya, (1) kendala teknis yaitu, belum adanya regulasi di setiap desa tentang perlindungan anak, kurangnya koordinasi lintas sektor, kurangnya dukungan anggaran untuk menjalankan program, kurangnya team kerja, sedangkan kendala (2) nonteknis yaitu pernikahan anak ditutupi sehingga terjadinya pernikahan di bawah tangan, kurangnya pemahaman dampak pernikahan anak, kurangnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, kurangnya kesadaran masing-masing individu/masyarakat mengenai perlindungan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peranan, Kendala, Mencegah pernikahan anak
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Sep 2022 14:30
Last Modified: 03 Sep 2022 14:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31457

Actions (login required)

View Item View Item