PELAKSANAAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NEGERI 3 MATARAM

YULIA HERLY, ISMIATI (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NEGERI 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULIA HERLY ISMIATI TERBARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran E- Learning Berbasis Web Pada Mata Pelajaran PPKn di SMK N 3 Mataram. Dalam penelitian ini pendekatan yang diterapkan yaitu pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari seluruh guru mata pelajaran PPKn di SMKN 3 Mataram. Dalam penelitian ini informannya adalah Kepala Sekolah di SMKN 3 Mataram dan Wakasek Kurikulum. Tekhnik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa pelaksanaan pembelajaran E-learning berbasis web dilaksanakan cukup baik dengan memanfaatkan laptop dan jaringan internet. Dampak positif pembelajaran E- learning dapat menambah wawasan serta menambah kemampuan dalam menguasai teknologi, dampak negatif pembelajaran E-learning yaitu berkurangnya komunikasi antara siswa dengan guru yang mengakibatkan siswa dan guru memerlukan untuk beradaptasi dengan model pembelajaran E-learning berbasis web. Faktor pendukung pembelajaran E- learning berbasis web tersedianya media pembelajaran, bahan ajar, dan kuota internet dan faktor penghambat pembelajaran E-learning berbasis web keterbatasan waktu saat pelaksanaan online assessment, selain itu materi yang disampaikan terlalu lama membuat siswa tidak fokus dapat menimbulkan kebosanan sehingga menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): E-learning, Web, Civics Education
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Sep 2022 07:42
Last Modified: 07 Sep 2022 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31574

Actions (login required)

View Item View Item