STRATEGI BERTAHAN SALES PROMOTION BOY KOSMETIK DALAM MENGHADAPI STIGMA SOSIAL (STUDI KASUS SALES PROMOTION BOY PRODUK KOSMETIK KOTA MATARAM)

HADIA, NI (2022) STRATEGI BERTAHAN SALES PROMOTION BOY KOSMETIK DALAM MENGHADAPI STIGMA SOSIAL (STUDI KASUS SALES PROMOTION BOY PRODUK KOSMETIK KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HADIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bekerja pada bidang kosmetik identik dengan perempuan. Pada zaman ini banyak ditemukan sales promotion boy produk kosmetik sehingga hal tersebut memunculkan stigma di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa SPB menjadi pilihan bekerja, dan bagaimana starategi bertahan sales promotion boy produk kosmetik dalam menghadapi stigma sosial. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teori yang yang digunakan sebagai analisis dalam penelitian ini adalah teori Motivasi Kebutuhan Abraham H. Maslow dan teori Perlawanan James C. Scott. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif degan pendekatan studi kasus. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keinginan untuk bekerja menjadi sales promotion boy produk kosmetik ini motivasi intrinstik yang berasal dari dalam diri. Alasan sales promotion boy produk kosmetik memilih bekerja pada bidang ini berdasarkan teori motivasi kebutuhan Abraham H. Maslow yaitu karena kebutuhan fisiologis dan kebutuhan aktualisasi diri. Strategi bertahan sales promotion boy produk kosmetik dalam menghadapi stigma sosial yakni dengan cara melakukan perlawanan. Bentuk perlawanan yang dilakukan menurut teori perlawanan James C. Scott yakni perlawanan tertutup.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): strategi bertahan, sales promotion boy, stigma sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:21
Last Modified: 09 Sep 2022 01:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31615

Actions (login required)

View Item View Item