PENGARUH STRATEGI GALLERY OF LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 28 MATARAM

SUCI, MULYATI (2022) PENGARUH STRATEGI GALLERY OF LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 28 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUCI MULYATI CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Strategi gallery of learning adalah model belajar secara berkelompok yang menjamin setiap siswa diberi kesempatan untuk berkontribusi serta mendengarkan pendapat. Penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh strategi gallery of learning terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas V SDN 28 Mataram. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasy Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V ganjil sebagai kelompok kontrol sejumlah 17 siswa dan kelas V genap sebagai kelompok eksperimen sejumlah 17 siswa yang ditentukan dengan sistem undian. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis dengan rumus Paired sample t-test dan uji effect size. Uji hipotesis dengan taraf signifikan 5 % bahwa nilai Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 dan nilai thitung 26,954 >tTabel 1,697. Ketentuan pengambilan keputusan dalam penelitian ini yaitu: jika nilai sig (2-tailed) < 0,05 dan nilai thitung >tTabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini diperkuat juga dengan perolehan hasil perhitungan menggunakan uji effect size dengan nilai yang dihasilkan 6,26351, berdasarkan Tabel interpretasi effect size yang dihasilkan menunjukan treatmen yang dilakukan peneliti menunjukan pengaruh dalam kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa te rdapat pengaruh strategi gallery of learning terhadap kemampuan berbicara siswa kelompok V SDN 28 Mataram. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa xv model pembelajaran strategi gallery of learning dapat diterapkan di siswa SD kelompok V untuk kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi gallery of learning , Kemampuan Berbicara, SDN 28 Mataram
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Sep 2022 11:22
Last Modified: 12 Sep 2022 11:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31687

Actions (login required)

View Item View Item