PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POHON LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI GUGUS 01 DAREK KEC. PRAYA BARAT DAYA TAHUN AJARAN 2021/2022

Ulyarul, Chyalutfa (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POHON LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI GUGUS 01 DAREK KEC. PRAYA BARAT DAYA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Ulyarul Chyalutfa_E1E218170.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan Literasi di Indonesia tergolong masih rendah berdasarkan survei yang dilakukan PISA (Programme For International Students Assesment). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pohon literasi terhadap hasil belajar siswa kelas V di Gugus 01 Darek Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen tipe kuasi eksperimen. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V di Gugus 01 Darek. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Intrumen penelitian menggunakan tes pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan uji-t dependen, yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan didapatkan bahwa uji normalitas Shapiro-wilk diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.470 > 0.005 dan 0.500 > 0.05 yang artinya data berdistribusi normal, sedangkan pada uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0.865 > 0.05 pada nilai pre-test dan 0.332 pada nilai post-test yang artinya data bersifat homogen, sedangkan pada uji-t dependent diperoleh signifikansi (sig.2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 yang menandakan adanya pengaruh media pohon literasi terhadap hasil belajar siswa. berdasarkan hasil penelitian, analisis, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media pohon literasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V di Gugus 01 Darek Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): media, hasil belajar, siswa kelas V
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Sep 2022 05:45
Last Modified: 14 Sep 2022 05:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31771

Actions (login required)

View Item View Item