ANALISIS HASIL KARYA MENGGAMBAR KALIGRAFI PADA PEMBELAJARAN SBDP KELAS V MIN 6 BIMA TAHUN AJARAN 2021/2022

DEVI NOVI, YANTI (2022) ANALISIS HASIL KARYA MENGGAMBAR KALIGRAFI PADA PEMBELAJARAN SBDP KELAS V MIN 6 BIMA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_DEVI_NOVI_YANTI_ JADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Karya kaligrafi memiliki dua kaidah penulisan yang perlu di perhatikan yaitu kaidah imlaiyyah dan kaidah khatthiyyah. Kedua kaidah tersebut wajib terpenuhi dalam sebuha karya kaligrafi. Jika hanya salah satu saja, maka karya kaligrafi dikatakan gagal sebagai sebuah karya kaligrafi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanhasil karya menggambar kaligrafi pada pembelajaran SBDP kelas V MIN 6 BIMA. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian hasil karya siswa kelas V MIN 6 BIMA. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode konten analisis yaitu metodelogi penelitian yang memanfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik sebuah kesimpulan yang benar dari pernyataan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil karya menggambar kaligrafi siswa kelas V MIN 6 BIMA tahun ajaran 2021/2022 sudah cukup memenuhi kriteria penulisan kaligrafi jenis naskhi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil karya siswa yang dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kelompok kupu-kupu gambar 4.1, kelompok burung unta gambar 4.2, kelompok garuda gambar 4.3, dan kompok cendrawasih gambar 4.4. Siswa sudag cukup memahami cara membedakan huruf yang dipisahkan dan huruf yang tidak bisa dipisahkan, goresan garis pada setiap kaligrafi sudah cukup terlihat tajam, akan tetapi pada pemilihan warna, siswa masih kurang memahami perpaduan warna dari warna primer, sekunder, dan netral.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Karya, Menggambar kaligrafi, MIN 6 BIMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:31
Last Modified: 19 Sep 2022 03:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/31967

Actions (login required)

View Item View Item