SIMULASI PENGATURAN KECEPATAN MOTOR BRUSHLESS DC MENGGUNAKAN TEKNIK SELF TUNING HYBRID FUZZY PID KONTROLER

ABI, LASKAR (2022) SIMULASI PENGATURAN KECEPATAN MOTOR BRUSHLESS DC MENGGUNAKAN TEKNIK SELF TUNING HYBRID FUZZY PID KONTROLER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN_TA_ABI_LASKAR_F1B117001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

BLDC motor merupakan jenis motor yang meimiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan motor DC biasa, untuk mengoptimalkan performasi dari BLDC motor maka dapat dilakukan dengan menggunakan sistem kontrol. Dalam pengontrolan BLDC motor dapat dipergunakan kontrol PID yang dihybrid dengan Fuzzy Logic Controller dengan tujuan untuk meningkatkan performasi sitem kontrol. Untuk penelitian ini dilakukan dengan metode sistem kontrol untuk PID menggunakan metode Ziegler Nichols 1 dan Fuzzy menggunakan metode Mamdani dimana akan dilihat perbandingan performasi dari kedua metode tersebut. Pada penelitian ini akan dilakukan 3 percobaan perbandingan peerformasi dimana didapatkan bahwa pada percobaan pertama dengan mengubah nilai set point dari 3500 sampai 1500 didapatkan persentase perbaikan performasi respon oleh hybrdi Fuzzy PID dimana untuk nilai rise time (tr) sebesar 77.57%, peak time (tp) sebesar 77.4%, Overshoot (%Mp) sebesar 43.01%, dan settling time (ts) sebesat 79.92%. Pada percobaan kedua dengan mengubah nilai beban dari 2.5 Nm sampai 0.5 Nm persentase perbaikan untuk nilai rise time (tr) sebesar 72.73%, peak time (tp) sebesar 74.88%, Overshoot (%Mp) sebesar 35.5%, dan settling time (ts) sebesat 80.2%. Dan pada percobaan ketiga dengan memberikan gangguan didapatkan nilai pada kontrol PID dengan rise time (tr) 0.076s, peak time (tp) 3.001s, Overshoot (%Mp) 40.996%, dan settling time (ts) 4.193s sedangkan untuk kontrol Fuzzy PID dengan rise time (tr) 0.019s, peak time (tp) 0.049s, Overshoot (%Mp) 7.334%, dan settling time (ts) 0.3.014s. Sehingga dapat dikatakan bahwa kotroler Hybrid Fuzzy PID memiliki performasi yang lebih bagus dibandingkan dengan kontroler PID hal ini dapat dilihat dari nilai karakteristik respon dimana semakin kecil nilai yang di dapatkan maka semakin cepat respon sistem yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hybrid, Sistem Kontrol, Performasi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:54
Last Modified: 11 Oct 2022 03:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32260

Actions (login required)

View Item View Item