ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS YANG DIKEMBANGKAN GURU DALAM LKPD DI SMP NEGERI KOTA MATARAM

JANNAH, SUCI MUKADDIMATUL (2017) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS YANG DIKEMBANGKAN GURU DALAM LKPD DI SMP NEGERI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains dalam LKPD yang dibuat oleh guru SMP Negeri di Kota Mataram dan mengidentifikasijenis-jenis keterampilan proses sains yang dikembangkan dalam LKPD yang dibuat oleh guru SMP Negeri di Kota Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru IPA kelas VII SMP Negeri Kota Mataram. Sampel penelitian ini adalah LKPD praktikumpesertadidikkelas VII semester ganjilyang disusunoleh guruSMPN 1 Mataram, SMPN 2 Mataram, SMPN 3 Mataram, SMPN 7 Mataram, SMPN 10 Mataram, dan SMPN 21 Mataram. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengambil LKPD buatan guru IPA SMP Negeri di Kota Mataram yang dilakukan secara langsung kepada guru yang bersangkutan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaLembarKerjaPesertaDidik (LKPD) yang disusunoleh guru IPA SMP NegeriMataramsudahmemuathal-hal yang berkaitandenganketerampilan proses sainsditinjaudaripersentase rata-rata hasilanalisisketerampilan proses sains yang dikembangkan guru dalam LKPD yaitu 72% dengankategoritinggiuntuk SMPN 1 Mataram, 81% dengankategorisanagattinggiuntuk SMPN 2 Mataram, 78% dengankategoritinggiuntuk SMPN 7 Mataramdan SMPN 10 Mataram, 86% dengankategorisangattinggiuntuk SMPN 3 Mataram, dan 75% dengankategoritinggiuntuk SMPN 21 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): LembarKerjaPesertaDidik (LKPD), Keterampilan proses sains (KPS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:19
Last Modified: 30 Apr 2018 01:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3255

Actions (login required)

View Item View Item