Irmaningsih, Sri Rahayu (2017) MODEL PEMBELAJARAN 5E DENGAN TEKNIK DIAGRAM ROUNDHOUSE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MTs NEGERI 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI SRI RAHAYU I. (E1A013048).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran 5E dengan teknik diagram Roundhouse dalam meningkatkan kemampuan metakognitif dan hasil belajar IPA peserta didik MTs Negeri 1 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian none-equivalent control group desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Mataram pada tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dan VII-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri atas inventori kesadaran metakognitif dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan bantuan program Mikrosoft Excel 2007. Uji hipotesis menggunakan uji t polled varians dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran 5E dengan teknik diagram Roundhouse dapat meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik MTs Negeri 1 Mataram sebesar 22,33%; 2) model pembelajaran 5E dengan teknik diagram Roundhouse dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik MTs Negeri 1 Mataram sebesar 23,86%; 3) terdapat korelasi yang positif antara kemampuan metakognitif dan hasil belajar IPA peserta didik MTs Negeri 1 Mataram.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran 5E, Diagram Roundhouse, Kemampuan Metakognitif, Hasil Belajar IPA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 01:18 |
Last Modified: | 30 Apr 2018 01:18 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3271 |
Actions (login required)
View Item |