Pemerolehan Fonologi dan Perkembangan Semantik Konseptual Bahasa Indonesia (B2) Anak Usia 5-6 Tahun TK Dharma Wanita, Sukarara, Lombok Tengah

Haryati, Haryati (2016) Pemerolehan Fonologi dan Perkembangan Semantik Konseptual Bahasa Indonesia (B2) Anak Usia 5-6 Tahun TK Dharma Wanita, Sukarara, Lombok Tengah. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL PDF.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berkaitan dengan bidang perkembangan bahasa ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikian pemerolehan fonologi bahasa Indonesia anak usia 5 dan 6 tahun di TK Dharma Wanita. (2) Mendeskripsikan perkembangan semantik konseptual anak usia 5 dan 6 tahun di TK Dharma Wanita, dan (3) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak usia 5 dan 6 tahun di TK Dharma Wanita. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode observasi yang didukung dengan teknik rekam dan teknik catat. Selain menggunakan metode observasi juga digunakan metode cakap (wawancara). Metode wawancara yang akan digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara tidak terpimpin. Pada metode analisis data digunakan metode deskriptif kualitatif yang memiliki tahapan-tahapan seperti mengidentifikasi, transkrip dan mendeskripsikan. Metode penyajian hasil analisis data digunakan metode formal dan informal. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan fonologi dan semantik konseptual bahasa Indonesia anak usia 5 dan 6 tahun di TK Dharma Wanita, Sukarara, Lombok Tengah yakni (1) Bunyi yang paling sukar diucapkan oleh anak usia 5 dan 6 tahun ialah bunyi /r/, /š/, dan / kh/. Sedangkan yang paling mudah diucapkan yakni bunyi /ǹ/ (2) Pada perkembangan semantik konseptual, anak sudah mampu memaknai gambar benda, binatang, buah dan orang sekitar, berdasarkan bunyi, bentuk, warna, dan jenis. (3) Faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa Indonesia yakni faktor keluarga dan lingkungan, dan tingkat pemerolehan bahasa Indonesia pada anak usia 5 dan 6 tahun di dominasi oleh anak yang berlatar belakang keluarga yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemerolehan, fonologi, Perkembangan, semantik konseptual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:18
Last Modified: 30 Apr 2018 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3277

Actions (login required)

View Item View Item