ST. NURWAHIDAH, ST. NURWAHIDAH (2017) PENINGKATAN KEBERANIAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA-3 MA DI PI NURUL HAKIM KEDIRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MORAL REASONING PADA MATA PELAJARAN PKN. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI LENGKAP SITI NURWAHIDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian mengemukakan pendapat dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA-3 MA DI Pi Nurul Hakim Kediri melalui penerapan model pembelajaran moral reasoning pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan/ observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah deskriptor model pembelajaran moral reasoning sebagai variabel tindakan yang muncul sebanyak 24 deskriptor (80%). Siswa yang mencapai indikator keberanian mengemukakan pendapat yang merupakan variabel harapan yaitu 19 siswa (73%) dan kemampuan berpikir kritis siswa sejumlah 19 siswa (73%). Sedangkan pada siklus II, variabel tindakan yang muncul sebanyak 30 deskriptor (100%). Siswa yang mencapai indikator kinerja keberanian mengemukakan pendapat sebagai variabel harapan sejumlah 23 siswa (88,5%) dan kemampuan berpikir kritis siswa sejumlah 23 siswa (88,5%). Dengan demikian, indikator kinerja variabel tindakan dan variabel harapan telah tercapai pada siklus II.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Keberanian Mengemukakan Pendapat, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Moral Reasoning. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 01:18 |
Last Modified: | 30 Apr 2018 01:18 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3279 |
Actions (login required)
View Item |