PENGARUH PEMBELAJARAN KOMBINASI THINK PAIR SHARE dan INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 2 MATARAM

ISMAYASARI, OKTAVIYANA (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN KOMBINASI THINK PAIR SHARE dan INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Pembelajaran Kombinasi Think Pair Share dan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test bentuk esay sebanyak 20 item untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung (1,787) > ttabel (1,670) pada taraf signifikan 5%. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif PPKn siswa kelas eksperiemen dan kelas kontrol. Analisis N-Gain menunjukkan tingkatan perbedaan nilai rata-rata tes awal dan tes akhir dari Pengaruh Pembelajaran Kombinasi Think Pair Share dan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 30,74% dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 16,61% dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar kognitif, Pembelajaran kombinasi Think Pair Share dan Index Card Match.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Apr 2018 02:44
Last Modified: 28 Apr 2018 02:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3295

Actions (login required)

View Item View Item