PERILAKU TOKOH RYAN DALAM NOVEL COGITO ALLAH SUM KARYA LALU MOHAMMAD ZAENUDIN DITINJAU DARI PSIKOLOGI KOGNITIF DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

RIDZANI, LIA (2016) PERILAKU TOKOH RYAN DALAM NOVEL COGITO ALLAH SUM KARYA LALU MOHAMMAD ZAENUDIN DITINJAU DARI PSIKOLOGI KOGNITIF DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perilaku tokoh Ryan dalam novel Cogito Allah Sum karya Lalu Mohammad Zaenudin ditinjau dari psikologi kognitif dan relevansinya terhadap pembelajaran sastra di SMA yang dijabarkan melalui tiga tahapan fase CPC. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku tokoh utama dalam novel Cogito Allah Sum karya LaluMohammad Zaenudinyang dikajimenggunakanperspektif Kognitif George Abraham Kelly yang dijabarkan melalui tiga tahapan fase CPC serta relevansinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Cogito Allah Sumkarya LaluMohammad Zaenudin. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, kepustakaan dan catat. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengacu pada Psikologi Kognitif George Abraham Kelly. Hasil analisis data mengenai perilaku tokoh Ryan ditinjau dari psikologi kognitif dalam novel Cogito Allah Sum karya Lalu Mohammad Zaenudin dan relevansinya dengan materi pembelajaran sastra di SMA adalah Ryan mengalami fase CPC sebanyak 3 kali. Pada Fase CPC tahap pertama, ketika Ryan percaya dengan adanya Tuhan. Kemudian, fase CPC tahap kedua. Ryan dihadapi oleh kondisi ketika dia meragukan keberadaan Tuhan dan semakin yakin dengan tidak adanya Tuhan karena didasari dengan pemahaman yang didapatinya. Selanjutnya, fase CPC tahap ketiga. Ryan dihadapkan pada peristiwa ketika ia yakin dengan tidak adanya Tuhan dan menjadikannya seorang yang atheis namun, ia mulai ragu kembali dengan semua masalah yang dihadapinya, ia merasa bingung dengan semua yang dihadapinya. Semenjak itu Ryan mulai kembali mencari kebenaran adanya Tuhan dan akhirnya ia mulai kembali menjadi seorang yang percaya dengan adanya Tuhan melalui Pak Haji dan Ayahnya sendiri. Selain itu, hasil analisis penelitian ini berkaitan juga dengan materi pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI semester I pada Standar Kompetensi (SK): Membaca 2. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/terjemahannya dan Kompetensi Dasar (KD): Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perilaku, Tokoh Ryan, Novel, Kognitif George Abraham Kelly.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:17
Last Modified: 30 Apr 2018 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3297

Actions (login required)

View Item View Item