PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMPN 1 LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FEBRIANI, REFANIA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMPN 1 LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL REFANIA FEBRIANI ( E1Q 011 035 ).pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa SMPN 1 Lembar tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen. Subyek penelitian ini adalah kelas yang memilik rerata UTS Fisika semester genap terendah yaitu kelas VIII.6 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil karena diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 15,5 dengan kriteria aktif menjadi 21,6 dengan kriteria sangat aktif. Sedangkan untuk hasil belajar siswa ranah koognitif dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 68 dengan ketuntasan klasikal 53% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 76 dengan ketuntasan klasikal 88%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa SMPN 1 Lembar tahun pelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Model pembelajaran inkuiri terbimbing, metode eksperimen, aktivitas dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Apr 2018 02:43
Last Modified: 28 Apr 2018 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3311

Actions (login required)

View Item View Item