PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 5E TERINTEGRASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MTs NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

HAYATI, MAINI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN 5E TERINTEGRASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MTs NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIX SEMUA SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran 5E terintegrasi pendekatan saintifik terhadap kesadaran metakognitif siswa; 2) pengaruh model pembelajaran 5E terintegrasi pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri 1 Mataram. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas VII.1 sebagai kelas kontrol dan VII.2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian terdiri atas inventori kesadaran metakognitif dan tes pilihan ganda beralasan keterampilan proses sains. Data dianalisis menggunakan program Microsoft Excel 2010 dengan uji hipotesis uji t polled varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model 5E terintegrasi pendekatan saintifik terhadap kesadaran metakognitif (p<0,05) 2) ada pengaruh model 5E terintegrasi pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains siswa (p<0,05). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran 5E terintegrasi pendekatan saintifik dapat meningkatkan kesadaran metakognitif dan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): 5E, pendekatan saintifik, metakognitif, keterampilan proses sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Apr 2018 02:42
Last Modified: 28 Apr 2018 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3318

Actions (login required)

View Item View Item