PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM RESPIRASI HEWAN PADA SISWA KELAS XI IPA DI MAN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

NAWANSARI, ULFA (2017) PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM RESPIRASI HEWAN PADA SISWA KELAS XI IPA DI MAN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar sistem respirasi hewan pada siswa kelas XI IPA. Penelitian ini telah dilaksanakan di MAN 1 Mataram pada bulan Pebruari 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2014/2015. Sampel ditentukan melalui teknik simple random sampling dan diperoleh kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar sistem respirasi hewan ranah kognitif adalah tes pilihan ganda, afektif dan psikomotor dengan lembar observasi. Data hasil belajar kognitif dianalisis dengan uji-t pada taraf signifikansi 5%, sedangkan data hasil belajar afektif dan psikomotor dianalisis secara deskriptif dan diuji dengan uji Mann-Whitney pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan Hasil uji-t diperoleh nilai t-hitung (5,477) lebih besar dari t-tabel (1,668) atau (5,477>1,668) yang berarti terdapat perbedaan secara signifikan. Hasil uji Mann-Whitney hasil belajar afektif diperoleh nilai signifikan sebesar 0,273 lebih besar dari α=0,05 (0,273>0,05) yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan. Uji Mann-Whitney hasil belajar psikomotor diperoleh nilai signifikan sebesar 0,273 lebih besar dari α=0,05 (0,273>0,05) yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan. Secara deskriptif, hasil belajar afektif dan psikomotor sama-sama berada pada katagori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media animasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar sistem respirasi hewan ranah kognitif, sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotor tidak berpengaruh signifikan pada siswa kelas XI IPA di MAN 1 Mataram tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Animasi, Hasil Belajar, Sistem Respirasi Hewan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:17
Last Modified: 30 Apr 2018 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3320

Actions (login required)

View Item View Item