ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN SISWA KELAS VI SDN 1 SANDIK

ZAENA, DWIANA RUSTINA (2015) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN SISWA KELAS VI SDN 1 SANDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
jurnal siap unggah.docx

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kesalahan berbahasa Indonesia dalam karangan siswa kelas VI SDN 1 sandik dari aspek fonologi, aspek morfologi, dan aspek sintaksis. Data penelitian berupa fonem, kata, frase, dan kalimat. Sumber data penelitian berupa fonem, kata, frase, dan kalimat yang digunakan dalam karangan oleh subjek penelitian yakni siswa kelas VIA SDN 1 Sandik. Data diperoleh melalui dokumentasi tulisan, menyimak, merekam dan mencatat; teknik sadap dan teknik simak libat cakap/obsevasi manunggal sekaligus menggunakan teknik rekam dan catat. Instrumen utama adalah tulisan dan rekaman bahasa lisan siswa dari karangan yang sama. Analisis data dilakukan selama pengumpulan data dan sesudah data terkumpul, menggunakan metode analisis distribusional dan metode padan intralingual. Peneliti memperhatikan hasil rekaman dengan seksama secara berulang-ulang kemudian ditranskripkan dalam tulisan sebelum menentukan kesalahan pelafalan fonem yang dihasilkan siswa. Kaidah urutan kesalahan pelafalan fonem, yaitu dari perubahan fonem (asimilasi fonemis), pelepasan fonem sampai penambahan fonem. Untuk kesalahan aspek morfologi dan sintaksis dikumpulkan dan dipilih dari dokumentasi karangan siswa. Klasifikasi kesalahan dalam aspek morfologi meliputi penghilangan afiks, pemakaian awalan yang keliru, peluluhan bunyi yang tidak tepat, peyenggauan kata dasar dan singkatan yang salah. Demikian pula, untuk aspek kesalahan sintaksis antara lain berupa: kesalahan dalam bidang frasa dan kesalahan dalam bidang kalimat. Sebagai pengetahuan bahwa klausa dapat berpotensi menjadi kalimat jika intonasinya final. Karena itu kesalahan dalam bidang klausa tidak dibicarakan tersendiri, tetapi sekaligus sudah melekat dalam kesalahan di bidang kalimat.. Berdasarkan kesimpulan di atas, dapat diberikan beberapa saran antara lain (1) banyaknya kesalahan berbahasa Indonesia dalam bahasa lisan siswa khususnya pelafalan fonem pada karangan siswa kelas VI SDN 1 Sandik hendaknya dapat dikurangi seminimal mungkin. (2) guru sebagai pendidik hendaknya menunjukkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam mengarang baik dari aspek morfologi dan aspek sintaksis agar kesalahan yang sering dilakukan tidak akan diulang kembali oleh siswa, (3) para peneliti lebih lanjut terhadap kesalahan ini menggunakan teori dan pendekatan yang lain agar dapat memberikan masukan bagi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kesalahan berbahasa, Karangan, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:13
Last Modified: 30 Apr 2018 01:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3374

Actions (login required)

View Item View Item