MARIANA, MARIANA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE)5E BERBANTUAN MEDIA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP) KELAS XI IPA MAN 2 LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
MARIANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E berbantuan media LKS terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) kelas XI IPA MAN 2 Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Lombok Tengah tahun pelajaran 2016/2017 yang terbagi dalam dua kelas. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran siklus belajar 5E berbantuan media LKS, sedangkan kelas kontrol menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa test pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data hasil pretest dan posttest yang diolah dengan gain uji-t. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (0,387) ≤ ttabel (2,021) yang berarti Ho diterima. Dengan demikian maka dapat disimpulkan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E berbantuan media LKS tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) siswa kelas XI IPA MAN 2 Lombok Tengah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Hasil Belajar, Model Learning Cycle 5E, Media LKS |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 01:24 |
Last Modified: | 30 Apr 2018 01:24 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3384 |
Actions (login required)
View Item |