PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PLANTET QUESTIONS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 PERESAK KECAMATAN NARMADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

IRMAYANTI, NAILI (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PLANTET QUESTIONS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 PERESAK KECAMATAN NARMADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 1 Peresak. Hal ini disebabakan karena guru belum sepenuhnya bisa menggunakan strategi yang ada dengan sebaik-baiknya dan proses pembelajaran masih satu arah sehingga tidak ada timbal balik dari siswa sehingga apa yang menjadi tujuan pendidikan belum bisa tercapai.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe plantet questions terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Peresak Tahun Pelajaran 2017/2018.Metode penelitian, adalah eksperimen berjenis kuasi eksperimen desain nonequivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini, adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Peresak. Peneliti menggunakan tehnik sampling jenuh yang artinya, seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian yang berjumlah 49 siswa, dimana kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol.Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar IPS.Data yang diperoleh diolah dengan tehnik analisis anava satu jalur.Sebelum dilakukannya uji anavaterlebih dahulu dilakukannya uji prsyaratan yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut, adalah 49,61 dan 44,34 dan 77,87 dan 57,82. Data penelitian ini berdistribusi normal dan homogen dengan taraf signifikasi 5%, dimana hasil uji hipotesis dengan tehnik analisis anava satu jalur menunjukkan bahwa Fhitung> Ftabel yaitu 37,83> 4,04.Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis,yaitu jika Fhitung ≥ Ftabel maka, Ho ditolak Ha diterima jadi, terdapat Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe plantet questions terhadap hasil belajars IPS siswa kelas IV SDN 1 Peresak Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Plantet Questions, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 May 2018 01:23
Last Modified: 02 May 2018 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3448

Actions (login required)

View Item View Item