ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH AKU DALAM CERPEN SENJA di PELUPUK MATA KARYA NI KOMANG ARIANI SERTA KAITANYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

NOVIANI, MILA (2014) ANALISIS PSIKOLOGI TOKOH AKU DALAM CERPEN SENJA di PELUPUK MATA KARYA NI KOMANG ARIANI SERTA KAITANYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NIM. E1C109098.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Analisis Psikologi Tokoh Aku dalam Cerpen Senja dipelupuk Mata karya Ni Komang Ariani serta Kaitanya dengan Pembelajaran Sastra Di SMP. Tujuan penelitian skripsi ini yaitu untuk mendeskripsikan gambaran mengenai tokoh aku dalam cerpen senja dipelupuk mata karya Ni Komang Ariani serta kaitanya dengan pembelajaran sastra di SMP. Teori yang digunakan adalah struktur kepribadian Sigmund Freud. Jenis penelitian yang digunmakan adalah penelitian Kualitatif. Penelitian ini menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menujukan bahwa tokoh aku dalam cerpen senja di pelupuk mata dari ketiga asfek (id) (1) Keinginan untuk tetap bersama dengan para putrinya, (2) Keinginan untuk melihat cucu pertamanya, (3) Keinginan untuk menikmati kebahagiaan masa tua, (4) Membutuhkan uang (ekonomi),(5) Rasa kasihan dan keinginan untuk membahagiakan suaminya. Selanjutnya asfek ego dalam struktur kpribadian tokoh aku, antara lain : (1) Merasa berhak mendapat balasan kasih sayang dan perhatian putrinya, (2) Kekecewaan dan merasa terisihkan. Dan asfek super ego, antara lain : (1) Menyadari bahwa karma telah berlaku terhadapnya. bahwa dulu ia juga sama telah pergi meninggalkan kedua orang tuanya untuk hidup bersama suaminya,(2) Menyadari bahwa ketuaan dan kerentaan telah datang, (3) Menyadari bahwa kematian pasti akan datang, (4) Menyadari bahwa bagaimanapun putri-putrinya telah berlalu tapi mereka tetap terlahir dari rahimnya.Adapun kaitanya dengan pembelajaran sastra di SMP sebagai berikut : 1. Siswa dapat menyimpulkan tema cerpen , 2. Siswa dapat menemukan latar cerpen dengan bukti faktual. 3. Siswa dapat menemukan karakter tokoh cerpen dengan bukti yang meyakinkan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Psikologi, Tokoh Aku, dan Pembelajaran Sastra di Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 May 2018 00:55
Last Modified: 07 May 2018 00:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3550

Actions (login required)

View Item View Item