NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL “TANAH TABU” KARYA ANINDITA S. THAYF DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA

SUCI, INDAH PERMONI (2014) NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL “TANAH TABU” KARYA ANINDITA S. THAYF DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal indah.docx

Download (181kB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk dan fungsi nilai edukatif yang terdapat dalam novel ‘Tanah Tabu’ karya Anindita S. Thaif dan relevansinya dengan pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu yang menekankan pada kata-kata dan kalimat-kalimat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode : observasi yang bersifat partisipatif, dokumentasi dan studi pustaka. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan pendekatan pragmatik yaitu suatu pendekatan yang memberikan perhatian utama pada peranan pembaca. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk teks (textular). Hasil penelitian menjelaskan bahwa bentuk dan fungsi nilai edukatif dalam novel ‘Tanah Tabu’ terdiri dari : (1) cara memperoleh pengetahuan, (2) sikap yang bermanfaat bagi kehidupan, dan (3) sikap mandiri. Nilai edukatif seperti yang telah disebutkan di atas, berfungsi untuk menumbuhkembangkan sikap kedewasaan dan potensi yang dimiliki anak didik, dan mengajarkan cara bertingkah laku sesuai kebutuhan serta mengajarkan sikap mandiri dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Adapun relevansinya dengan pembelajaran sastra di sekolah yaitu seperti pada silabus kelas XI dengan Standar Kompetensi “Memahami cerita pendek, novel, dan hikayat, pada Kompetensi Dasar “Mengidentifikasi pelaku, peristiwa, dan latar dalam novel.”

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai edukatif, novel, dan pembelajaran apresiasi sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 May 2018 00:39
Last Modified: 09 May 2018 00:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3579

Actions (login required)

View Item View Item