AFIFAH, INDAH INDI (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
skripsi indah indi afifah.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kesalahankesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran jika ditinjau dari letak dan jenis kesalahan. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan lembar jawaban siswa dengan pedoman analisis berupa indikator kesalahan. Oleh karena itu, penelitian ini tergolong penelitian deskriftif jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Narmada yang berjumlah 84 orang. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dan diambil sebanyak 25% dari tiap-tiap kelompok. Hasil penelitian mununjukkan bahwa semua siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal lingkaran. Jika ditinjau dari letak kesalahan, siswa yang melakukan Reading Errors sebanyak 29,50%, Comprehension Errors sebanyak 25,80%, Transformation Errors sebanyak 25,67%, Process Skills Errors sebanyak 48,25%, dan Encoding Errors sebanyak 36,67%. Sedangkan jika ditinjau dari jenis kesalahan, siswa yang melakukan kesalahan fakta sebanyak 42,83%, kesalahan konsep sebanyak 25,67%, kesalahan operasi sebanyak 61,33% dan kesalahan prinsip sebanyak 51,33%. Selanjutnya jika dilihat berdasarkan indikator materi, kesalahan paling banyak terjadi pada butir soal nomor 5 yang memuat indikator 4.3.1. Hal ini berarti siswa belum memahami dengan baik konsep materi terkait hubungan sudut pusat dan sudut keliling
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Analisis, Kesalahan |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 07 May 2018 07:00 |
Last Modified: | 07 May 2018 07:00 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3596 |
Actions (login required)
View Item |