PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII – 3 MTs. AL- AZIZIYAH PUTRI GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RIPMIANI, RIRIN (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII – 3 MTs. AL- AZIZIYAH PUTRI GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru Matematika kelas VIII MTs Al-Aziziyah Putri diperoleh informasi bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran serta tidak adanya pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran. Melihat permasalahan tersebut model Discovery Learning berbantuan media adalah salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-3 MTs. Al-Aziziyah Putri Gunungsari pada pembelajaran garis singgung lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi danevaluasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas siswa. Skor aktivitas siswa pada pertemuan pertama siklus I adalah 7,66 dengan kategori sedang. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I, skor aktivitas siswa adalah 10,34 dengan kategori sedang dan pada pertemuan ketiga siklus I, skor aktivitas siswa adalah 12,34 dengan kategori tinggi. Pada pertemuan pertama siklus II, skor aktivitas siswa adalah 13,33 dengan kategori tinggi. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus II, skor aktivitas siswa adalah 15,33 dengan kategori sangat tinggi. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan rata-rata nilai hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I dan II yaitu 70,25 dan 81,75 dengan ketuntasan klasikal masing-masing 73,68 % dan 85 %. Melihat hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media pada pembelajaran garis singgung lingkaran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII-3 MTs. Al-Aziziyah Putri Gunungsari tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): aktivitas belajar siswa, prestasi belajar, model Discovery Learning berbantuan media
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 May 2018 03:13
Last Modified: 07 May 2018 03:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3597

Actions (login required)

View Item View Item