PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN PELUANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 2 LABUAPI TAHUN AJARAN 2016/2017

MARIANTI, SRI (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN PELUANG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 2 LABUAPI TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang disebabkan karena interaksi selama proses pembelajaran cenderung satu arah yakni hanya melibatkan interaksi antar siswa dengan siswa. Selain itu, penyampaian materi secara terus menerus menyebabkan siswa jarang memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru, menyebabkan sebagian siswa tidak pernah mencoba untuk memikirkan sendiri jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memikirkan sendiri jawaban dari permasalahan yang diberikan guru adalah model kooperatif tipe Think Pair Share. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran peluang kelas XI IPA-1 SMAN 2 Labuapi tahun ajaran 2016/2017 dengan menerapkan model kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor aktivitas belajar siswa dari siklus I sampai siklus III secara berurut yaitu 12,06 dengan kategori cukup tinggi, 13,81 dengan kategori tinggi dan 14,31 dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I sampai siklus III secara berturut-turut yaitu 64 dengan ketuntasan klasikal 70%, 68,15 dengan ketuntasan klasikal 80% dan 78,75 dengan ketuntasan klasikal 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran peluang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA-1 SMAN 2 Labuapi tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif tipeThink Pair Share, aktivitas, Hasil belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 May 2018 06:58
Last Modified: 07 May 2018 06:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item View Item