THE EFFECTIVENESS OF LIST GROUP LABEL IN TEACHING VOCABULARY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 1 LOPOK SUMBAWA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017

APRILIANA, FITRI (2017) THE EFFECTIVENESS OF LIST GROUP LABEL IN TEACHING VOCABULARY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 1 LOPOK SUMBAWA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul keefektifan daftar kelompok label dalam pengajaran kosakata: penelitian percobaan di siswa kelas dua SMPN 1 Lopok Sumbawa di tahun akademik 2016/2017 bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan daftar kelompok label dalam penguasaan perbendaharaan kata di tingkat sekolah menengah pertama.Penelitian ini dilaksanakan karena biasanya pengajaran kosakata dilakukan melalui cara membuka kamus atau mendikte. Dalam kegiatan penelitian, model yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berlokasi di SMPN 1 Lopok.Target populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang terdiri dari 138 siswa, sementara contoh dari populasi adalahkelas dan yang terdiri dari masing-masing 26 siswa yang dipilih sebagai kelompok eksperimental dan control melalui tekhnik acak karena tidak adanya kelas yang special. Untuk mendapatkan hasil penelitian, “pre test” dan “post test” digunakan pada kedua kelompok. Hasil dari tes akan dibandingkan untuk melihat apakah ada perbedaan dari kedua kelompok. Ketika hasilnya ditemukan dan diperiksa dengan “t-table”, dapat dilihat bahwa nilai rata-rata dari kelompok eksperimental adalah 14.5 yang lebih besar dari pada kelompok control yang mendapatka nnilai rata-rata 3.26 Saat di periksa dengan “t-table”, hasil akhir yang 3.35 juga lebih besar dari pada tingkat 0.01 (2.403) dan 0.05 (1.675) dengan “degrees of freedom” sebesar 50. Hasil tersebut menunjukkan bahwa list group label ini memberikan kontribusi dalam pengajaran kosakata. Maka, ini berarti bahwa list group label efektif dalam pengajaran kosa kata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendidkan
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 May 2018 06:08
Last Modified: 16 May 2018 06:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3663

Actions (login required)

View Item View Item