PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KULIT DAN MUSIK NON KLASIK SMK NEGERI 5 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

WITRI, NI KETUT (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KULIT DAN MUSIK NON KLASIK SMK NEGERI 5 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan siswa kurang aktif dalam belajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan model discovery learning pada pembelajaran lingkaran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI kulit dan musik non klasik SMK Negeri 5 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI kulit dan musik non klasik SMK Negeri 5 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model discovery learning pada pembelajaran lingkaran. Dalam penerapan model discovery learning ini melalui beberapa tahapan yaitu stimulus, hipotesis, data collection, generalisasi, dan mengomunikasikan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI kulit dan musik non klasik SMK Negeri 5 Mataram. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan dua instrumen penelitian yaitu lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes prestasi belajar siswa berupa tes uraian yang diberikan pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa, dimana pada siklus I rata-rata skor sebesar 9,5 masuk pada kategori aktif, siklus II dengan rata-rata skor sebesar 11,33 dengan kategori sangat aktif. Tidak hanya aktivitas belajar siswa, prestasi belajar siswa juga meningkat dengan rata-rata nilai hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I sebesar 80,88 dengan ketuntasan klasikal 80 %, Siklus II rata-rata nilai hasil evaluasi belajar siswa sebesar 85,68 dengan ketuntasan klasikal 88 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI kulit dan musik non klasik SMK Negeri 5 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar, Prestasi belajar, Model discovery learning
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 May 2018 06:07
Last Modified: 16 May 2018 06:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3670

Actions (login required)

View Item View Item