PENGEMBANGAN MODEL PRAKTIKUM BERBASIS SOFTWARE MOST PROBABLE NUMBER (MP-BSMPN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP MIKROBIOLOGI AIR

TRISNAWATI, ANAK AGUNG ISTRI AGUNG (2017) PENGEMBANGAN MODEL PRAKTIKUM BERBASIS SOFTWARE MOST PROBABLE NUMBER (MP-BSMPN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP MIKROBIOLOGI AIR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
artikel pengembangan jurnal pijar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)

Abstract

Anak Agung Istri Agung Trisnawati. 2017. Pengembangan Model Praktikum Berbasis Software Most Probable Number (MP-BSMPN) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Mikrobiologi Air. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Mataram dibawah bimbingan Prof. Dr. H. A.Wahab Jufri, M.Sc sebagai pembimbing I dan Dr. Agus Ramdani, M.Sc. sebagai pembimbing II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keterbacaan serta keefektifan MP-BSMPN untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan penguasaan konsep Mikrobiologi Air. MP-BSMPN dikembangkan dengan prosedur pengembangan model Borg dan Gall. Uji coba lapangan terbatas melibatkan 60 mahasiswa semester IV Prodi D III Farmasi Universitas Muhammadiyah Mataram. Data peningkatan KPS dan penguasaan konsep dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata, sedangkan besarnya peningkatan dianalisis menggunakan skor gain ternormalisasi (N-gain). Hasil uji ahli menunjukkan perangkat pembelajaran layak dipergunakan sebagai sumber belajar mikrobiologi air. Hasil uji perorangan dan uji coba kelompok kecil menunjukkan perangkat pembelajaran tergolong praktis dan dapat terlaksana. Instrumen keterampilan proses sains dan penguasaan konsep terbukti valid dan reliabel. N-gain keterampilan proses sains mahasiswa yang belajar dengan MP-BSMPN lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang belajar tidak menggunakan MP-BSMPN dan berbeda secara signifikan. N-gain penguasaan konsep pada mahasiswa yang belajar dengan MP-BSMPN juga lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang belajar tidak menggunakan MP-BSMPN dan berbeda . secara signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah MP-BSMPN yang dikembangkan layak, praktis, dapat terlaksana serta efektif digunakan dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep mahasiswa pada topik Mikrobiologi Air.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): MP-BSMPN, keterampilan proses sains, penguasaan konsep, mikrobiologi air
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 12 May 2018 03:33
Last Modified: 12 May 2018 03:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3765

Actions (login required)

View Item View Item