ANALISIS PRAGMATIK CERITA RAKYAT SUMBAWA “BUEN LAJENDRE” DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SLTP

HIDAYAT, YAYAN APRIAN (2013) ANALISIS PRAGMATIK CERITA RAKYAT SUMBAWA “BUEN LAJENDRE” DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SLTP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YAYAN APRIAN HIDAYAT E1C108028.docx

Download (769kB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian atau pembahasan pada bab IV, dapat disimpulkan bahwa : 1. Analisis untuk menemukan unsur intrinsik dalam cerita rakyat “Buen Lajendre” yaitu : a. Tema cerita rakyat ini adalah pengorbanan. b. Latar dalam cerita rakyat ini adalah unsur waktu, seperti zaman kerajaan, pagi hari dan siang hari. Sedangkan latar tempat yang lebih dominan dalam cerita rakyat ini adalah desa Lantung dan Sumbawa, namun sesekali latar tempat lingkungan yang lain juga dimunculkan. c. Penokohan dalam cerita rakyat ini menggunakan teknik dramatik dan dialog. d. Alur cerita rakyat ini jika ditinjau dari hubungan bagian cerita menggunakan alur maju. e. Sudut pandang yang digunakan dalam cerita rakyat ini adalah pengarang menempatkan dirinya sebagai orang yang maha tahu atau pengarang menggunakan teknik “diaan”. 2. Analisis pragmatik yang dilakukan pada cerita rakyat tersebut terdapat nilai-nilai pendidikan yang meliputi nilai moral, dan nilai sosial. a. Nilai moral diwujudkan dengan perbuatan saling menyayangi sesama saudara, sabar, mempunyai pendirian yang teguh, serta menerima nasib dengan lapang dada. b. Nilai sosial diwujudkan dengan perbuatan memaafkan kesalahan orang lain dan membantu meringankan beban. 3. Analisis pragmatik, khususnya implikasi cerita rakyat Sumbawa “Buen Lajendre” dengan pembelajaran sastra di SLTP telah sesuai dengan kompetensi dasar kelas VII semester I yaitu : a. Menganalisis kembali dengan bahasa sendiri cerita rakyat yang pernah dibaca atau didengar dengan indikator (10) mampu menentukan pokok-pokok cerita rakyat dan (2) mampu menulis cerita rakyat sesuai dengan urutan pokok-pokok cerita rakyat. b. Menunjukkan relevansi isi cerita rakyat yang diperdengarkan dengan situasi sekarang dengan indikator (1) mampu menemukan isi didalam cerita tersebut serta (2) mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): teknik dramatik dan dialog
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 May 2018 06:06
Last Modified: 16 May 2018 06:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3779

Actions (login required)

View Item View Item