ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL ‘’HAFALAN SHALAT DELISA’’ DAN PENERAPANNYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA

ULFA, JUNIATI MARIAM (2013) ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL ‘’HAFALAN SHALAT DELISA’’ DAN PENERAPANNYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL ULFA.docx

Download (42kB)

Abstract

Masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah analisis structural dan nilai pendidikan novel Hafalan Sholat Delisa serta penerapannya terhadap pendidikan karakter di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Hafalan Sholat Delisa serta penerapannya terhadap pendidikan karakter di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas metode pengumpulan data dan metode analisis data. Pada metode pengumpulan data digunakan studi kepustakaan dan teknik catat . Pada metode analisis data, digunakan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, struktur novel Hafalan Sholat Delisa: novel ini mengambil tema tentang keikhlasan Delisa dalam hafalan sholat membentuk jiwa dan raga yang kokoh untuk menerima cobaan hidup; tokoh utama dalam novel ini yaitu Delisa, novel ini mengambil latar tempat yakni: di Meunasah, dan di rumah; latar waktu yang paling menonjol dalam novel ini yaitu waktu pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari; latar suasana yang paling menonjol yaitu suasana sedih dan senang. Novel ini menggunakan alur campuran tetapi lebih banyak menggunakan alur maju; dan amanat dalam novel ini yaitu sabar sebagai hamba-Nya dan berjuang untuk hidup ikhlas serta tabah dalam menjalani cobaan di bumi Allah dan semua musibah yang dialami adalah merupakan ujian dari-Nya, Allah tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan umat-Nya. Selanjutnya, nilai pendidikan dalam novel Hafalan Sholat Delisa karya TereLiye yaitu terbagi menjadi tiga yaitu nilai pendidikan sosial memberikan tauladan seberapa hebat dan pintarnya seseorang pastilah akan tetap membutuhkan bantuan dari orang lain dengan kata lain tidak terlepas dari pertolongan orang lain, nilai pendidikan agama/religius senantiasa untuk terus berusaha dan bekerja keras untuk mendapatkan kebaikan dari Allah SWT dan bertawakal kepada-Nya, dan nilai pendidikan moral senantiasa menjaga nilai-nilai susila dalam kehidupan dengan menjaga adab dan tata krama serta rasa malu. Analisis structural dan nilai pendidikan ini memiliki hubungan dengan pendidikan karakter di SMA karena analisis structural dan nilai pendidikan dalam penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran sastra di sekolah seperti yang dipaparkan dalam model penerapannya terhadap pendidikan karakterdi SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): struktural, pendidikan, pendidikankarakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 May 2018 06:06
Last Modified: 16 May 2018 06:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3780

Actions (login required)

View Item View Item