ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “DEHARMONIE” KARYA YANTI SOEPRMO DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP/MTS

NOFIANTI, UMIYANA (2013) ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “DEHARMONIE” KARYA YANTI SOEPRMO DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP/MTS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NOFI.docx

Download (198kB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah Struktur (unsur intrinsik) yang membangun keutuhan novel “Deharmonie” karya Yant Soeparmo?, (2) Nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam novel “Deharmonie” karya Yanti Soeparm?, dan (3) Bagaimanakah hasil kaitanya dengan pembelajaran sastra di SMP/MTS?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan unsur intrinsik dan nilai pendidikan yang terkandung dalam novel “Deharmonie” serta kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMP/MTS. Dalam mendeskripsikan struktur dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel “Deharmonie”, digunakan beberapa langkah kerja, yaitu sebagai berikut; (1) Metode pengumpulan data, yaitu; studi pustaka, observasi dan dokumentasi, (2) Metode analisis data, dengan langkah-langkah sebagai berikut; memilih teks-teks dalam novel “Deharmonie” yang menunjukkan unsur intrinsik dan nilai pendidikan yang ada di dalamnya, mengidentifikasikan unsur intrinsik dan nilai pendidikan dengan menggunakan teori struktural, mengkongkritkan dan mengkonstruksikan unsur intrinsik yang terdiri atas; tema, latar/seting, alur/plot, sudut pandang, suspense, dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat di dalamnya, serta menguraikan data-data yang sudah ada sehingga menjadi satu kebermaknaan yang utuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Analisis struktural yang terdapat dalam novel ini adalah; tema dari novel “Deharmonie” karya Yanti Soeparmo yaitu perjuangan dan pengorbanan atas dasar cinta; latar/seting dalam novel ini lebih banyak bertempat di Garut, Leles, dan juga menghadirkan latar tempat, waktu, dan suasana; tokoh dan penokohan menggunakan metode Telling atau dengan cara langsung, meskipun dalam novel ini juga tetap menggunakan metode Showing (tidak langsung); alur dalam novel ini jika dilihat berdasrkan criteria kepadatan atau pengembangan dan perkembangan cerita menggunakan alur renggang (alur longgar); sudut pandang dalam novel ini pengarang menggunakan sudut pandang persona ketiga yaitu “diaan” ; suspense yang digunakan pengarang adalah dengan menunda-nunda jawaban atas konflik yang sedang dialami tokoh cerita, dan dengan menampilkan konflik psikologis yang dialami tokoh cerita dalam kisahnya. (2) Nilai-nilai pendidikan yan terdapat dalam novel ini adalah; nilai pendidikan sosial atau kemasyarakatan yang terdiri dari; musyawarah mupakat, tolong menolong, kesetiaan, balas budi dan memaafkan; nilai pendidikan religi atau ketuhanan terdiri dari; berdo’a dan memohon kepada Tuhan, dan kepasrahan dan tawakkal; nilai pendidikan morl terdiri dari; berperikemanusiaan, rela berkorban, menahan nafsu, dan nasihat. (3) Analisis struktural dan nilai pendidikan yang terdapat dalam novel ini sesuai dengan materi pembelajaran sastra di SMP/MTS yaitu pada kompetensi dasar kelas VIII terdiri dari; (a) Mendengarkan, membaca novel terjemahan, (b) Membaca, meringkas dan menanggapi novel Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Struktural, Nilai Pendidikan, dan Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 May 2018 06:06
Last Modified: 16 May 2018 06:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3781

Actions (login required)

View Item View Item